Momentum 2015 "Saatnya Wakaf Berjihad"

Manajemen Wakaf Thu 02 Apr, 2015

Jihad yang dimaksudkan dalam Al-Qur'an adalah bersungguh-sungguh memperjuangkan nilai-nilai Islam, nilai-nilai kebaikan yang bermanfaat demi kemaslahatan ummat. Jihad adalah sebuah kata yang berisi kemuliaan dan keindahan. Walaupun begitu, banyak orang menanggapi Jihad dengan skeptis dan penuh kecurigaan, mempersempit pandangan mereka bahwa Jihad memiliki keterkaitan dengan hal negatif. Bahkan banyak orang yang mengartikan Jihad sebagai Holy War atau perang suci, padahal istilah "perang" dalam Islam dikenal dengan sebutan "Qital" bukan Jihad, inilah yang menjadi landasan seluruh ummat yang memahami untuk meluruskan konsep dan menyampaikan keindahan Jihad dalam koridor upaya yang bersungguh-sungguh untuk mengejar ridha dan rahmat di jalan Allah SWT.

BALIHO-MILAD-WAKAF-AL-AZHAR-KE-4-master.png

Wakaf Al-Azhar, dalam raker tahunan meresmikan motto baru untuk tahun 2015 yakni "SAATNYA WAKAF BERJIHAD". Berjihad disini memiliki pengertian yang dilandaskan pada paham besar jihad yang diajarkan dalam Al Quran dan Al Hadist, fokus Jihad yang saat ini dijadikan landasan oleh wakaf Al-Azhar ialah membangkitkan kekuatan ekonomi ummat, kami menilai basis ekonomi dapat menjadi landasan implementasi Jihad dalam tataran yang lebih luas di masa mendatang.

Adapun pemilihan motto baru wakaf kali ini dilandasi oleh musyawarah dan mufakat yang dilakukan pada hari terakhir raker tim wakaf Al-Azhar, yang akhirnya membawa kami pada kesepakatan "saatnya Wakaf Berjihad". Quorum rapat menyepakati bersama melalui sebuah kreatifitas ide yang menjabarkan kata jihad menjadi sebuah singkatan yang dapat melandasi langkah kami di tahun 2015 ini, JIHAD tergambarkan pada penjabaran singkatan versi Wakaf Al-Azhar yaitu sebagai berikut "Bangkitkan Ekonomi Rakyat Jadikan Indonesia Hidup Aman & Damai".

Sebenarnya berjihad sudah sejak lama mendarah daging dalam langkah-langkah yang kami lakukan untuk ummat, hanya saja untuk kali ini kami memutuskan untuk selalu mengingatkan diri kami lewat motto yang secara gamblang memberitahu pada setiap insan bahwa yang kami lakukan adalah Jihad. Jihad melawan kemiskinan, jihad melawan kurangnya pendidikan, Jihad memberikan yang terbaik yang dapat kami berikan untuk banyak orang, khususnya rakyat Indonesia.

Wakaf Al-Azhar akan terus memberikan yang terbaik untuk ummat, kami yakin kami tidak sendirian. Akan muncul mujahid-mujahid ekonomi baru di tanah air ini, mereka yang punya cita-cita mulia, mereka yang hidupnya didedikasikan untuk mencapai kesejahteraan ummat, mereka yang memilih berjihad untuk mendapatkan kemuliaan di sisi sang khalik.