Olah tubuh, Olah Jiwa

Manajemen Wakaf Thu 02 Apr, 2015

Olah tubuh, Olah Jiwa

"Karena sesungguhnya orang yang paling baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat fisiknya lagi dapat dipercaya." (QS. al-Qashash: 26).

Ayat tersebut hanyalah satu dari banyaknya ayat yang mengajak kita untuk melatih tubuh kita. Banyak lagi sebetulnya hadist-hadist yang mengajak kita mengolah dan menempa karunia berupa raga ini. Sayangnya kesibukan mencari materi ( baca : uang ) di era modern ini membuat kita lupa menjaga kesehatan diri kita.

Menjalankan agama tidak bisa separuh-separuh atau setengah-setengah atau semaunya. Sebagai seorang muslim sudah kewajiban kita mematuhi segala perintah Allah dan menjauhi larangannya, sesuai tuntunan AL-Qur'an dan Sunnah. Apalagi banyak sekali hikmah yang bisa didapat dengan menjadi hamba yang taat.

Di era modern ini, banyak sekali hal yang bisa memanjakan kita. Sebut saja mobil dan motor yang menjadi "kebutuhan premier" ummat sekarang. Rasanya sulit sekali untuk membiasakan diri melakukan mobilisasi dengan menggunakan kaki kita sekarang. Dengan kata lain, tubuh kita jarang melakukan gerakan-gerakan yang sebetulnya membantu menjaga kebugaran tubuh.

Karena itulah, di dalam kegiatan rutin Wakaf Al-Azhar, kami mengadakan hari dimana kami melakukan salah satu kegiatan yang dianjurkan dalam islam, Olah Raga. Banyak orang salah faham tentang Olah Raga dan menjadikannya kegiatan yang "tidak begitu diperlukan" padahal pepatah yang bilang "di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat" bukan sekedar pepatah yang syarat akan nilai sastra, namun juga penuh dengan makna. Dalam Islam sendiri Rasulullah berkali-kali mengingatkan kita untuk melatih tubuh, mulai dari memanah, berkuda, dan berenang.

Singkat kata, sering kali kita melupakan sebuah nikmat yang tidak dimiliki setiap orang. Nikmat kesehatan. Kita sering terlena dan tidak bersyukur, berfikir tubuh kita bukan amanah yang diberikan Dia yang Maha Kuasa. Mulai sekarang, mari kita olah tubuh kita menjadi lebih kuat, mari kita jaga kesehatan kita, mari kita bersukur atas nikmat yang diberikan-Nya secara cuma-Cuma. Mulai sekarang hargai tubuh kita, mobil saja butuh perawatan, masak tubuh kita enggak?