Wakaf Khairi

Manajemen Wakaf Fri 03 Apr, 2015


Wakaf patungan untuk investasi berbagai bidang mulai dari Rp 5.000,- (nilai wakaf Rp 4.500,-) Bisa secara kontan, berjangka (bertahap) atau seumur hidup.

Rp5.000,00


 
 
Tambah Wakaf

Wakaf patungan untuk transportasi, property, pertanian, perkebunan dengan kelipatan mulai dari Rp 5.000,- (proporsi nilai wakaf Rp 4.500,- + operasional Rp 500,-). Bisa secara kontan, berjangka (bertahap) atau seumur hidup.

Wakaf khairi adalah wakaf patungan dengan cara menitipkannya kepada pengelola wakaf untuk dibelikan aset baik alat transportasi atau property atau usaha pertanian maupun perkebunan, agar kemudian aset tersebut dikelola dan diambil manfaatnya.

Cara penyerahan wakaf dari wakif kepada pengelola, ada 3 (tiga) cara, yaitu secara kontan, berjangka (bertahap) atau seumur hidup.

Wakaf Khairi secara Kontan

Secara kontan maksudnya, wakaf diserahkan langsung dengan jumlah wakaf sebagaimana saat serah terima dilakukan tanpa ada perjanjian yang mengikat. Dalam hal ini wakif menyerahkan harta yang mau diwakafkan tanpa ada kontrak tertentu, artinya penyetoran wakaf selesai setelah dibayarkan.

Wakaf Khairi secara Berjangka (Bertahap)

Secara bertahap maksudnya, wakif menentukan jumlah harta yang akan diwakafkan, namun cara penyerahannya tidak sekaligus melainkan bertahap sesuai kemampuan wakif. Dalam hal ini dilakukan kontrak tertentu yang menyebutkan jumlah total harta yang akan diwakafkan dan berapa kali tahapan penyerahannya. Jika wakif wafat sebelum total harta yang dijanjikannya selesai diwakafkan, maka ahli warisnya perlu menuntaskannya. Cara ini cocok bagi orang yang ingin berwakaf secara terencana, dan memastikannya dalam jumlah tertentu yang melebihi pendapatan rutinnya, sebagai "Investasi Besar" untuk akhiratnya.

Wakaf Khairi Seumur Hidup

Seumur hidup maksudnya, wakif tidak menentukan jumlah total harta yang akan diwakafkan, namun bersedia senantiasa berwakaf secara rutin dalam periode tertentu selama wakif masih hidup. Dalam hal ini juga dilakukan kontrak yang menyebutkan periode dan jumlah harta yang akan diwakafkan. Cara ini cocok bagi orang yang ingin berwakaf secara terencana, namun tidak ingin memberatkan ahli warisnya.

Keunggulan Wakaf Khairi

  1. MUDAH. Karena dengan nilai berapapun kita sudah bisa berwakaf, baik atas nama kita maupun keluarga, jadi apapun status sosial kita Insya Allah bisa.
  2. UANG TAK BERKURANG. Dana yang diwakafkan, tidak akan berkurang jumlahnya. Sebaliknya, dana itu akan berkembang melalui investasi yang dijamin aman, dengan pengelolaan secara amanah, bertangung jawab, professional, dan transparan.
  3. MULTI MANFAAT. Hasil investasi dana itu akan bermanfaat untuk mendukung aktivitas pendidikan, dakwah, dan sosial, serta kesejahteraan masyarakat (social benefit).
  4. INVESTASI AKHIRAT. Manfaat yang berlipat itu menjadi pahala wakaf yang terus mengalir meski sudah meninggal dunia, sebagai bekal di akhirat yang disebut dalam hadist Rasulullah "Sadaqotun Jariyatun".